Archive Pages Design$type=blogging

Gaji Guru Muhammadiyah Rp 400 Ribu, Ketua PWM pun Menangis Haru

Ketua PWM Jatim | Foto pwmu.co Ketua PWM Saad Ibrahim tiba-tiba menangis. Dia tidak bisa menahan air mata ketika bercerita tentang s...

Ketua PWM Jatim | Foto pwmu.co

Ketua PWM Saad Ibrahim tiba-tiba menangis. Dia tidak bisa menahan air mata ketika bercerita tentang seorang guru di perguruan Muhammadiyah yang bergaji kecil. Kejadian itu terjadi dalam acara konsolidasi organisasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) se-Jawa Timur, hari ini (9/10). 

Saad menceritakan, waktu berkunjung di Lamongan, dia secara kebetulan bertemu dengan seorang lelaki kurus kering. Perawakannya tampak tak terurus. Sama sekali tidak mencerminkan orang berpendidikan. “Saya ini juga kurus. Tapi lelaki yang saya temui ini lebih kurus,” kata saad di hadapan para tamu yang hadir di Aula Universitas Muhammadiyah Jember (UMJ). 

Namun siapa sangka. Ternyata dia adalah seorang sarjana pendidikan. Dia merupakan guru di salah satu madrasah ibtidaiyah Muhammadiyah yang sekaligus kepala sekolah. “Di benak saya mulai bertanya, kenapa orang yang berpendidikan seperti dia, kok tidak terawat?” tuturnya.

Karena penasaran, Saad pun bertanya berapa gaji yang lelaki itu terima. Dan, ketika mendengar jawabannya, Saad pun langsung tersentuh. 

“Sebagai guru dan kepala sekolah, gajinya hanya Rp 400 ribu. Istri lelaki ini juga mengajar di sekolah yang sama. Saya lalu mengira-ngira. Kalau gaji istrinya sebagai guru adalah Rp 300 ribu, berarti sebulan pendapatan keluarga ini hanya Rp 700 ribu,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

Saad melanjutkan, suatu ketika sekolah tempat lelaki ini mengajar mendapat bantuan dari kementerian agama sebesar Rp 100 juta. Uang itu kemudian dibuat untuk membangun tiga ruang kelas. Saad pun heran, apakah uang sejumlah itu cukup untuk membangun tiga ruang kelas?

“Ternyata untuk menghemat biaya, pembangunan tersebut dilakukan secara gotong royong. Seluruh warga Muhammadiyah di sekitar sekolah itu turut membantu pembangunannya,” cerita Saad dengan terbata-bata karena rasa haru. Bahkan, ia sempat berhenti sejenak karena tak kuasa menahan air mata.

Menurut Saad, lelaki ini adalah pejuang Muhammadiyah sesungguhnya. "Dalam barisan jihad fi sabilillah Muhammadiyah, dia pantas berada di barisan paling depan Muhammadiyah,” pungkasnya. (ilmi)


| pwmu.co

COMMENTS

Nama

Berita Inspirasi Kegiatan Opini Profil Pengurus
false
ltr
item
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh: Gaji Guru Muhammadiyah Rp 400 Ribu, Ketua PWM pun Menangis Haru
Gaji Guru Muhammadiyah Rp 400 Ribu, Ketua PWM pun Menangis Haru
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEip_yw9lqm4PpUa8sFvBWdNSaH5-QSSLKu8Rc52gcfrzruwMvWhcYW8rESODXbgJLnq1G87IZnRF9Hn6Hj7K3_mdFuiwW2Pbme2mig4NeMArHcb1enFbBm6BYH8-b3C55EPcHxZN3JQCA/s640/PWMu.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEip_yw9lqm4PpUa8sFvBWdNSaH5-QSSLKu8Rc52gcfrzruwMvWhcYW8rESODXbgJLnq1G87IZnRF9Hn6Hj7K3_mdFuiwW2Pbme2mig4NeMArHcb1enFbBm6BYH8-b3C55EPcHxZN3JQCA/s72-c/PWMu.png
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/2016/10/gaji-guru-muhammadiyah-rp-400-ribu.html
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/2016/10/gaji-guru-muhammadiyah-rp-400-ribu.html
true
5521647574397312018
UTF-8
Tidak Ada Posting Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Lihat Semua Posting Lainnya LABEL ARCHIVE Pencarian Posting yang Anda cari sedang tidak tersedia Balik ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ Menit lalu 1 hour ago $$1$$ Jam lalu Yesterday $$1$$ Hari lalu $$1$$ Minggu lalu more than 5 weeks ago
Themes24x7