Archive Pages Design$type=blogging

Kemana Arah Kelas Tarjih Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh

                                              Konprensi Pers Ketua PD. Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh di dampingi Oleh Wakil Ketua...

                                            

 Konprensi Pers Ketua PD. Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh di dampingi Oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi



Takalah kami Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh melauching Kelas Tarjih Pemuda Muhammadiyah, Pada Ahad, 14 Juli 2019 di Ruang Sidang Paska Sarjana UIN Ar Raniry Banda Aceh, ada salah satu peserta bertanya informal ke saya, "Bang Taufik, Kelas Tarjih ini akan di arahkan kemana?"
Lalu saya jawab singkat, begini " Dengan melihat sejarah pertumbuhan dan perkembangan persyarikatan Muhammadiyah sejak kelahirannya, memperhatikan faktor-faktor yang melatarbelakangi berdirinya, aspirasi, motif, dan cita-citanya serta amal usaha dan gerakannya, nyata sekali bahwa didalammya terdapat ciri-ciri khusus yang menjadi identitas dari hakikat atau jati diri Persyarikatan Muhammadiyah, salah satunya adalah memahami sosial keagamaan dengan Manhaj Tarjih Muhammadiyah"
Muhammadiyah awal di kenal sebagai gerakan tajdid, Sifat Tajdid yang dikenakan pada gerakan Muhammadiyah sebenarnya tidak hanya sebatas pengertian upaya memurnikan ajaran Islam dari berbagai kotoran yang menempel pada tubuhnya, melainkan juga termasuk upaya Muhammadiyah melakukan berbagai pembaharuan cara-cara pelaksanaan Islam dalam kehidupan bermasyarakat, semacam Memperbaharui cara penyelenggaraan pendidikan, cara penyantunan terhadap fakir miskin dan anak yatim, cara pengelolaan zakat fitrah dan zakat harta benda, cara pengelolaan rumah sakit, pelaksanaan sholat Id dan pelaksanaan kurba dan sebagainya.
Untuk membedakan antara keduanya maka tajdid dalam pengertian pemurnian dapat disebut purifikasi (purification) dan tajdid dalam pembaharuan dapat disebut reformasi (reformation). Dalam hubungan dengan salah satu ciri Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid, maka Muhammadiyah dapat dinyatakan sebagai Gerakan Purifikasi dan Gerakan Reformasi.
Kelas Tarjih ini, selain Amanah Musyda Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh, juga merupakan program kerja melalui Bidang Pendidikan dan Kaderisasi. konsep nya tetap mengacu pada Pendidikan Ketarjihan di Muhammadiyah. Secara harfiah manhaj tarjih berarti cara melakukan tarjih. Istilah tarjih berasal dari disiplin ilmu ushul fikih yang berarti melakukan penilaian terhadap dalil-dalil syar’i yang secara zahir tampak saling bertentangan atau evaluasi terhadap pendapat-pendapat (qoul) fikih untuk menentukan mana yag lebih kuat.
Dalam lingkungan Muhammadiyah pengertian tarjih telah mengalami perkembangan makna. Dari makna yang dipahami sebagaimana menurut pengertian aslinya dalam ilmu ushul fikih bergeser kepada makna yang lebih luas karena perkembangan kegiatan ketarjihan di Muhammadiyah (Syamsul Anwar).
Kegiatan ketarjihan adalah aktifitas intelektual untuk merespons berbagai masalah sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan dari sudut pandang agama Islam. Berdasarkan definisi manhaj tarjih tersebut memuat unsur-unsur: 1. Wawasan (semangat/perspektif), 2. Sumber ajaran, 3. Pendekatan, 4. Metode (prosedur teknis.) Manhaj tarjih sebagai kegiatan intelektual untuk merespons berbagai persoalan dari sudut pandang agama Islam tidak sekedar bertumpu pada prosedur teknis, melainkan juga dilandasi oleh wawasan atau perspektif pemahaman agama yang menjadi karakteristik pemikiran Islam Muhammadiyah.
dengan haparan, peserta alumni kelas terjih Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh Angkatan Tahun 2019 ini, Memiliki Kapasitas dan Wawasan/perspektif tarjih Muhammadiyah, sepertih : 1. Wawasan paham agama, 2. Wawasan tidak berafiliasi mazhab tertentu, 3. Wawasan tajdid, 4. Wawasan toleransi, 5. Wawasan keterbukaan. semoga ikthiar ini mendapat Ridha dari Allah SWT.
Taufik Riswan Aluebilie, Ketua PD. Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh

COMMENTS

Nama

Berita Inspirasi Kegiatan Opini Profil Pengurus
false
ltr
item
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh: Kemana Arah Kelas Tarjih Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh
Kemana Arah Kelas Tarjih Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyuobd10yKk-IlawhGhdDeKoI0BqqPdTXmevI7QdXLx7mkQDc2_3KXNcQCyqOvDFymr_LAA53mx_d1hyFbHbWxO_5_NCZ3bIamMf11xy1BIVIBi02-bJnK4pI9w1nhLGe06QtHvl16Q0c/s320/66320262_10214736730077423_5919241137557602304_n.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhyuobd10yKk-IlawhGhdDeKoI0BqqPdTXmevI7QdXLx7mkQDc2_3KXNcQCyqOvDFymr_LAA53mx_d1hyFbHbWxO_5_NCZ3bIamMf11xy1BIVIBi02-bJnK4pI9w1nhLGe06QtHvl16Q0c/s72-c/66320262_10214736730077423_5919241137557602304_n.jpg
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/2019/07/kemana-arah-kelas-tarjih-pemuda.html
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/
https://pdpmbandaaceh.blogspot.com/2019/07/kemana-arah-kelas-tarjih-pemuda.html
true
5521647574397312018
UTF-8
Tidak Ada Posting Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Lihat Semua Posting Lainnya LABEL ARCHIVE Pencarian Posting yang Anda cari sedang tidak tersedia Balik ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ Menit lalu 1 hour ago $$1$$ Jam lalu Yesterday $$1$$ Hari lalu $$1$$ Minggu lalu more than 5 weeks ago
Themes24x7